Pages

Tuesday, 28 June 2016

Catatan Impian ala Maxwell Maltz

Saya baru saja selesai membaca sebuah artikel di blognya Pak Medhy Aginta yang berjudul Catatan Impian. Dalam artikel tersebut beliau bercerita bahwa dengan menulis impian dan memvisualisasikannya dengan gambar akan mendorong alam bawah sadar kita untuk menggapai cita-cita tersebut.

Langkah pertama, tulis cita-cita kita. Tulis apa saja yang ingin dicapai. Misalnya ingin kuliah di luar negeri, mobil mewah, rumah idaman, atau apa saja yang anda inginkan. Tulisan tersebut bisa dibuat di berbagai media yang anda suka. Bisa di kertas atau media lain yang bisa kita tempelkan. Saya biasanya membuatnya di buku catatan saya.


Langkah kedua, beri gambar yang mewakili. Misalnya cita-cita kita ingin mempunyai mobil mewah, cari gambar mobil yang dimaksud lalu gunting dan tempelkan di dekat tulisan tadi. Atau cita-cita kita ingin naik haji, maka carilah gambar ka'bah.

Langkah terakhir, tempel tulisan dan gambar tadi di tempat yang sering anda lihat. Bisadi pintu lemari, dinding kamar, meja belajar, atau tempat lainnya. Lalu lupakan tulisan tadi dan jalani hidup anda seperti biasanya. Tulisan dan gambar tadi akan menemani alam bawah sadar anda dan mendorong untuk menggapainya.

Boleh percaya boleh tidak ya dengan cara yang dicetuskan oleh Maxwell Maltz dalam bukunya Psycho-Cybernetics yang salah satu poinnya adalah Visualization atau penggambaran sebagai salah satu cara meraih impian.

Saya pun penasaran dengan teori ini. Saya akan menuliskan beberapa impian saya dan kita buktikan berapa tahun impian saya ini akan tercapai:

1. Rumah. Saat ini saya masih tinggal dengan orang tua dan saya ingin mempunyai rumah sendiri.


2. Mobil Nissan Livina. Salah satu mobil yang saya suka.

Livina abu abu tua


3. Ingin usaha yang saya rintis bisa berkembang,

Fotokopi birru


Itulah tiga impian saya dari sekian banyak impian saya. Anda juga boleh mencobanya.

No comments:

Post a Comment