Pages

Sunday, 8 October 2017

Cara Membuka File CorelDRAW di Seri yang Lebih Lama

Semoga tidak bingung ya membaca judulnya. Maksudnya adalah cara membuka file CorelDraw versi baru di software CorelDRAW seri lebih lama. Atau pada contoh kasus saya adalah membuka file yang dibuat di software CorelDraw X7 dengan software CorelDraw seri X5.

Beberapa hari yang lalu ada seorang teman yang numpang ngeprint gambar untuk tugas sekolah anaknya. File gambar tersebut dibuat di CorelDraw X7. Sedangkan komputer saya masih menggunakan Corel seri X5. Sehingga file tersebut tidak bisa dibuka.



Sebenarnya, walaupun file tersebut dibuat di seri X7 tetap bisa dibuka di seri bawahnya jika ketika menyimpan disetel pada seri bawahnya. File teman saya ini tidak.

Setelah beberapa saat saya browsing di Mbah Google, akhirnya saya menemukan jalan keluarnya. Yaitu menggunakan conventer online. Ada dua aplikasi atau web yang saya coba. Salah satunya berhasil, satunya lagi gagal.

Kalau anda mempunyai masalah atau kasus yang sama dengan saya, cara ini bisa dicoba. Caranya: Buka Filespazz.com. Lalu akan tampil seperti gambar berikut

Cara Membuka File CorelDRAW di Seri yang Lebih Lama,filespazz,membuka corel x7
Dari gambar tampilan Filespazz.com ini caranya sudah sangat jelas.Secara singkat dapat saya uraikan sebagai berikut:
  1. Upload file CorelDraw pada Step 1
  2. Pilih seri CorelDraw yang anda inginkan pada Step 2 sebagai hasil convert. Sesuaikan dengan seri Corel yang anda punya.
  3. Masukkan alamat email anda di Step 3. Ini wajib karena hasil convert akan dikirim ke email ini.
  4. Klik CONVERT pada Step 4
Setelah itu. Tunggu sekitar 10 menit. File CorelDraw hasil convert tadi akan dikirim ke email yang kita masukkan di Step 3.

Nah itulah caranya. Bagi anda yang punya masalah tersebut. Silahkan dicoba. Semoga file CorelDraw anda bisa dibuka.

No comments:

Post a Comment